Srawung Geografi

 


    Acara ini dilaksanakan pada Rabu, 7 Oktober 2020. Pada acara ini bertema tentang “Mahasiswa antara Prestasi, Organisasi dan Akademik, mengundang tiga pembicara yaitu Andika Krismondo (Ketua BEM FIS UNY 2020), Muh Alfin Anafi (Duta Kampus UNY) dan David Dimas (Korfak PKKMB FIS UNY 2020).

Andika Krismondo :

Harus punya tujuan : “Saya harus ikut organisasi, harus bisa management waktu”. Mahasiswa adalah “Agent of change” agen perubahan. Dalam organisasi banyak program, dalam program itu dapat kita ambil sebagai pengalaman. Dalam organisasi itu menemukan berbagai macam masalah dan dijadikan pengalaman yang berharga. Dalam organisasi kita dapat management waktu. Dalam Organisasi kita harus belajar soft skill diiringi dengan hard skill.

Berbicara soal preatasi, tidak sedikit orang yang juga aktif berorganisasi dan juga berprestasi. Jangan berfikir orag yang berorganisasi tidak berfikir tentang prestasinya / akademik. Mencoba hal - hal yang baru dan belajar lebih. Intinya kita yang ikut berorganisasi tidak perlu takut, kita akan lebih unggul daripada teman kita yang tidak ikut organisasi. Mahasiswa yang luar biasa itu adalah mahasiswa yang menguasai soft skill dan hard skill. Itu sangat diperlukan dalam dunia kerja, dan relasi juga perlu. Dalam organisasi kita akan menemukan teman teman baru dan relasi baru.

Muh Alfin Anafi :

Ada beberapa tipe mahasiswa :

1. KUPU-KUPU (Kuliah pulang, Kuliah pulang)

2. KURA-KURA (Kuliah rapat kuliah rapat)

3. KUDA-KUDA (Kuliah dagang Kuliah Dagang)

4. KUNANG-KUNANG (Kuliah Nangkring Kuliah nangkring)

5. KUSI-KUSI (Kuliah Aksi Kuliah Aksi)

Semua tipe tipe mahasiwa itu adalah baik, semua punya plus minus masing-masing. Jadilah mahasiswa produktif dimanapun dan kapanpun. Menjadi produktif bukan sibuk. Orang sibuk langsung bertindak tanpa menyusun prioritas terlebih dahulu. Mereka merasa karena banyak hal yang harus dikerjakan, maka membuat rencana hanya membuang waktu saja. Sementara orang produktif memilih tugas mana yang harus diprioritaskan, sehingga mereka tahu apa saja yang harus dilakukan sepanjang hari.Kuliah bukan sekedar mencari gelar akademik, Kuliah bukan semata-mata untuk mencari pekerjaan, Kuliah adalah ruang untuk belajar banyak hal, Kuliah adalah ruang untuk kita melihat dunia lebih luas dengan berbagai perspektif membuka cakrawala untuk mempersiapkan kehidupan di masa depan.

Mahasiswa yang ideal : kuliahnya oke, organisasinya jalan, dan prestasi gak ketinggalan. IPK penting tidak ? IPK adalah gambaran kerja keras selama kuliah, IPK dipelukan untuk mendaftar pekerjaan, dll. Tips meraih Ipk bagus : aktif bertanya, jangan menunda pekerjaan, setiap dosen memiliki tipe penilaian yang berbeda. IPK dan softskill keduanya memang sama-sama penting. Ketika kita mendaftar pekerjaan biasanya yang dilihat adalah IPK terlebih dahulu. Disamping IPK softskill juga sangat penting sebagai pendukung utama. Softskill juga terkadang mejadi salah satu administrative. Seperti pengalaman berorganisasi atau memipin organisasi. Pentingnya berorganisasi : Melatih dan mengebangkan softskill, membangun banyak relasi, memeperbanyak pengalaman, dll. Organisasi tidak mengganggu kuliah selama bisa atur waktu. Manfaatkan setiap detikmu, jadilah produktif. Memilih organisasi jangan ikut - ikutan teman tetapi memilik sesuai passion, dan tekunilah organisasi itu. Sangat bisa, dengan aktif organisasi justru kita akan punya lebih banyak peluang untuk terus berprestasi.

David Dimas A :

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL : memberikan inspirasi dan spirit kepada anak buahnya, sehingga dia bisa mengolah perasaan dan semangat anak buahnya.

KEPEMIMPINAN KHARISMATIS : aura yang terpancar dari pemimpin itu. Pemimpin ini lebih menonjolkan ketauladan kepada anak buahnya. Anak buahnya bisa mencontoh apa yang dilakukan pemimpinnya.

KEPEMIMPINAN VISIONER : pemimpin yang sudah memiliki visi yang sangat jelas untuk mencapai tujuan. Tetapi cendurung tertutup.

Mengapa kita harus menjadi pemimpin ? menjadi pemimpin itu sudah menjadi kodrat manusia. Manusia sudah diciptakan menjadi seorang pemimpin. Pemimpin itu sudah menjadi kewajiban. Saat berada dilingkungan kampus, banyak organisasi dan kepanitiaan dapat dijadikan kita menjadi pemimpin. Cara menjadi pemimpin yang baik :  Pahami gaya kepemimpinan kamu, Jadilah role model untuk bawahan kamu, Bangun koneksi yang baik, Jadilah seorang pembicara yang hebat, Selalu MEMBERIKAN MOTIVASI, Dorong perkembangan pribadi, dan Jangan menjadi pemimpin yang micromanagement. 


No comments: