Semarak Geografi Ke X

 

“ To Build a New Normal Era : Menggali peran geografi milenial dalam menghadapi tantangan global melalui implementasi Sustainable Development Goals (SDG’s) 2030 “

Sabtu (21 November 2020), Semarak geografi tingkat nasional ke-X atau bertepatan dengan semarak geografi satu dekade ini telah diselenggarakan pada 21-22 November 2020. Pada semarak Geografi kali ini mengusung tema: “ To Build a New Normal Era : Menggali peran geografi milenial dalam menghadapi tantangan global melalui implementasi Sustainable Development Goals (SDG’s) 2030 “. Hal yang berberbeda pada semarak satu dekade ini adalah konsep acara menggunakan konsep daring atau online, hal ini dikarenakan kondisi saat ini dimana masih dalam era pandemic Covid-19. Sesuai dengan tema dari semarak geografi pada tahun ini dimana dengan kondisi yang ada kita harus dapat membangun era baru dengan menghadapi berbagai tantangan kedepan namun tidak menyurutkan semangat kita agar terus berprestasi dan berkontribusi untuk negeri khususnya Negara Indonesia tercinta ini membangun Indonesia dengan menerapkan nilai – nilai dari Sustainable Development Goals. 


Semarak Geografi ke-X ini hampir sama halnya dengan semarak sebelumnya dimana dalam konten acara yang pertama berupa Lomba Geografi Nasional untuk Siswa SMA/MA Sederajat. Kompetisi yang ditandingkan pada Semarak tahun ini adalah NGC (National Geography Competition), LKTI, Poster, dan film pendek yang diikuti oleh siswa sma/sederajad dari berbagai sekolah di Indonesia yang dilakukan secara daring. Konten acara yang kedua yaitu Seminar Nasional yang dilakukan secara daring dimana semua merujuk pada tema besar semarak satu dekade tahun ini.


Hari pertama Semarak Satu Decade yang pertama dilakukan Pembukkaan semarak geografi tingkat nasional dilaksanakan di Ruang Ki Hajar Dewantara pada tanggal 21 November 2020 pada pukul 08.00 WIB oleh Ketua Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY  Dr. Dyah Respati Suryo Sumunar, M.si . Pada hari pertama semarak geografi berfokus pada Lomba Geografi Nasional untuk Siswa SMA/MA Sederajat. Peserta Semarak Geografi terhubung dalam platform Zoom dalam setiap kegiatan yang ada. Setelah pembukaan, pada acara selanjutnya mengarah pada setiap cabang lomba yang diikuti peserta khususnya NGC, LKTI, dan Film Pendek. Peserta semarak geografi langsung diarahkan untuk LKTI yaitu berupa presentasi hasil karya ilmiah yang dibuat dan Film Pendek berupa presentasi karya film pendek yang dibuat dengan satu room yang sama melalui platform zoom. Sementara untuk peserta NGC agenda yang ada terdapat babak penyisihan melalui platform SEB dan Zoom, dimana untuk room zoom menggunakan room yang berbeda dengan peserta LKTI dan Film Pendek. Pada babak penyisihan NGC sendiri diikuti oleh 114 siswa sma/sederajad dan LKTI di ikuti oleh 10 besar kelompok terpilih. Adapun untuk film pendek diikuti oleh 4 kelompok terpilih. 




Pada hari kedua Semarak geografi tingkat nasional X, diselenggarakan seminar nasional dengan 3 pembicara yaitu Bapak Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Bapak Prof. Dr. Suhadi Purwantara, M.Si, Guru Besar Geografi Regional UGM, Prof. Dr. M. Baiquni, M.A, dan Dekan Fakulti Sains Kemanusiaan UPSI Malaysia, Prof. Dr. Mohd Hairy Bin Ibrahim. Moderator pada seminar ini Dosen Pendidikan Geografi UNY, Ibu Dr. Nurul Khotimah, M.Si.   Pada semarak ini diikuti oleh 120 peserta yang sangat antusias dengan materi yang diberikan bertema “ To Build a New Normal Era : Menggali peran geografi milenial dalam menghadapi tantangan global melalui implementasi Sustainable Development Goals (SDG’s) 2030 “. Pada hari kedua ini juga dilaksanakan setelah seminar dilakukan presentasi 3 besar poster dan Semi final hingga final NGC. Untuk tahap final NGC menggunakan platform Zoom dan Kahoot yang terhubung langsung oleh peserta seminar nasional dan peserta seluruh lomba semarak geografi ke – x yang ingin menyaksikan.

 Pada hari kedua ini di penghujung acara diumumkan pemenang lomba Semarak Geografi ke sepuluh ini dari semua cabang lomba. Berikur daftar pemenang:

·         NGC

1.     Peraih juara pertama diraih oleh Andre Jonathan dari SMA N 4 Bekasi

2.     Peraih juara ke tiga diraih oleh Fitra Hasanata Isa dari MAN 2 Kota Malang

3.     Peraih juara ke dua diraih oleh Fidiatun Nofus dari SMA N 1 Manggar

4.     Peraih juara harapan 1 diraih oleh Muhammad Farid Rizqi dari SMA Plus Provinsi Riau

5.     Peraih juara harapan 2 diraih oleh Gammanda Latif dari SMA N 1 Pamekasan

·         LKTI

1.    Peraih juara pertama dan best presenter diraih oleh I Putu Dika Dharma Brasika dan tim dari SMA N 5 Denpasar

2.    Peraih juara ke dua diraih oleh Christopher Alexander Sutandhya dan tim dari SMA Pangudi Luhur Van Lith

3.    Peraih juara ke tiga dan best paper diraih oleh Hafid Syaikur Rais dan tim dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

4.    Peraih juara harapan 1 diraih oleh Retno Ayu Mardany dari MAN Kota Magelang

·         Poster

1.     Peraih juara pertama diraih oleh Farhan Arrosyid dari SMA N 1 Grogol

2.     Peraih juara ke dua diraih oleh Valent Rosyidan Akbar dari SMA N 1 Kertosono

3.     Peraih juara ke tiga diraih oleh Farhan Aulia Iqbal dari SMA N 1 Genteng Banyuwangi

4.     Peraih juara favorit diraih oleh Amelinda Clarissa dari VITA School Surabaya

·         Film Pendek

1.    Peraih juara pertama diraih oleh Kezia Angelina dari SMA Xin Zhong Surabaya

2.    Peraih juara ke dua diraih oleh Radick Hans dari SMA Bopkri 1 Yogyakarta

3.    Peraih juara ke tiga diraih oleh Muh. Imam Kastholani  dari SMA N 1 Temon


No comments: