Semarak Geografi Tingkat Nasional ke - XI

Semarak Geografi Tingkat Nasional ke-XI 

(SGTN XI) 


 

Semarak Geografi merupakan event tahunan yang diselenggarakan guna memberikan sarana bagi siswa-siswi, mahasiswa, guru,dan dosen sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran khususnya dibidang ilmu geografi. Semarak Geografi yang dilaksanakan pada 13-14 November 2021. Tahun ini merupakan penyelenggaraan Semarak Geografi yang ke-11 setelah dilaksanakan pertamakali pada tahun 2010. Karena merupakan event jurusan yang cukup besar, persiapan acara ini telah dimulai sejak bulan April 2021. Semarak Geografi terdiri dari beberapa rangkaian acara yang terdiri dari perlombaan dan juga Seminar Nasional. Terdapat 4 cabang berlombaan yaitu National Geography Competition, LKTI, poster, dan film pendek.

National Geography Competition (NGC)

NGC merupakan olimpiade bidang geografi bagi siswa SMA sederajat dan merupakan lomba individu/perorangan. NGC mengangkat tema besar “Optimalisasi Pariwisata Budaya di Indonesia untuk Mewujudkan Quality Tourism Experience”. Tema ini diangkat karena guna untuk mengembangkan pariwisata Indonesia agar menuju pariwisata berbasis budaya. Dari tema besar tersebut kemudian mengerucut dalam 7 subtema yaitu,

1. Inovasi Pengembangan Pariwisata di Era New Normal, 

2. Strategi Pembangunan Pariwisata, 

3. Eco Tourism, 

4. Local Wisdom Tourism, 

5. Pendidikan Abad 21, 

6. Virtual Tourism, dan 

7. Modernisasi dan Pariwisata Budaya. 

Pendaftaran dibuka dari tanggal 03 Agustus-20 Oktober 2021. Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan melakukan simulasi terkait teknis NGC supaya para peserta tahu dan paham apa saja yang perlu dipersiapakan untuk lomba NGC, setelah melakukan tahap simulasi pada hari H acara peserta memulai kompetisi tahap satu atau babak penyisishan yaitu mengerjakan soal pilihan ganda sejumlah 50 soal. penilaian dilakukan dengan ketentuan skor 4 bagi jawaban benar, -1 bagi jawaban yang salah, dan 0 untuk jawaban yang ksosong. 

Babak penyisihan ini dilaksanakan pada 13 November 2021.Kemudian dari seluruh peserta yang mengikuti babak penyisihan ini dipilih 12 peserta dengan skor tertinggi untuk mengikuti babak semifinal yang dilaksanakan tepat setelah babak penyisihan berakhir. Babak semifinal dilaksanakan dengan teknis sebagai berikut sama seperti babak penyisihan, namun dalam babak semifinal ini soal berupa pilihan ganda, uraian, dan multimedia. Kemudian 5 Peserta dengan skor tertinggi akan lolos menuju babak final. Babak final NGC dilaksanakan setelah seminar nasional dilaksanakan yaitu pada tanggal 14 november, pada babak final peserta menggunakan media kahoot untuk menjawab soal dan zoom untuk melihat pertanyaannya. Setelah melalui serangkaian seleksi, akhirnya terpilih 5 pemenang untuk Juara 1, 2, dan 3. Juara 1 diraih oleh Muhammad Farid Rizqi, Juara 2 diraih oleh Moch. Ndaru Langlang,  Juara 3 diraih oleh Arifin Zuhdi, Juara Harapan 1 diraih oleh Hendra Prasetya Tri Ananda, dan Juara Harapan 2 diraih oleh Amirul Fahmi Ash-Shiddiqie. Lomba NGC diikuti oleh 74 peserta dari berbagai sekolah di pulau jawa dan luar pulau jawa. Adapun penyelenggaraan NGC ini bertujuan untuk mengembangakn dan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para peserta lomba.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

Lomba Karya Tulis Ilmiah ini diselenggarakan bagi siswa/siswi SMA/SMK/MA berupa lomba tim/berkelompok dengan satu tim minimal 2 orang dan maksimal 3 orang siswa dari sekolah yang sama. Masih mengangkat tema yang sama dengan NGC, LKTI kali ini diikuti oleh 12 Tim dari berbagai Sekolah SMA. Pendaftaran dibuka dari tanggal 03 Agustus-20 Oktober 2021. Kemudian waktu submit karya adalah tanggal 03 Agustus-21 Oktober 2021. Setelah itu dilakukan penjurian pada 22 Oktober-05 November 2021. Penjurian dilakukan oleh Tiara Sarastika, M.Sc. dan Sutanto Trijuni Putro, S.Si., M.Sc., yang merupakan dosen Jurusan Pendidikan Geografi UNY. Adapun kriteria penilaian adalah dari format penilaian, orisinalitas karya dan ide gagasan, aspek kebahasaan, ketajaman analisis permasalahan, manfaat dan urgensi permasalahan yang diangkat, simpulan dan saran, serta kepustakaan. Setelah dilakukan penjurian diumumkanlah 10 tim finalis dengan skor tertinggi pada tanggal 06 November 2021. Ke-10 finalis inilah yang nantinya akan melakukan presentasi karya pada tanggal 13 November untuk menentukan pemenangnya. Adapun pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 14 November 2021 bersamaan dengan diselenggarakannya seminar Nasional. Lomba LKTI kali ini dijuarai oleh tim dari SMAN 2 Semarang sebagai Juara 1, SMA IT Lampung sebagai juara 2, dan SMA N 2 Yogyakarta. Tidak hanya juara 1,2, dan 3 pada lomba LKTI ini terdapat best paper dan best presenter, dimana best paper diraih oleh SMA N 1 Purworejo dan best presenter diraih oleh SMAN 2 Semarang.

Lomba Poster Digital

Masih dengan tema yang sama, lomba poster digital juga menyasar pserta pada jenjang yang sama yakni SMA/sederajat yang merupakan perlombaan individu dengan maksimal 3 orang pada masing-masing sekolah. Setiap perwakilan maksimal mengirimkan 2 karya. Timeline pelaksanaan lomba bersamaan dengan lomba LKTI dimana peserta yang lolos ke babak final diharuskan untuk mengikuti sesi presentasi. Juri Lomba Poster Digital ini adalah Aziz Darma yang berprofesi sebagai Graphic Designer dan juga Louis Lugas yang juga Graphic Designer di Tirto.id. Aspek penilaian dalam penjurian ini adalah kesesuaian karya dengan tema, orisinalitas karya, penyampaian pesan, daya tarik atau keindahan (estetika), dan kreativitas. Setelah melalui tahapan penjurian akhirnya terpilih 5 karya terbaik. Dari 5 karya terbaik itu para peserta akan presentasi hasil dari karya peserta, dari hasil presentasi, maka para juara terpilih yaitu, Aryantika Wahyuning Putri dari sekolah SMAN 1 Temon sebagai Juara 1, Zidan Surya Ramadhani dari SMAN 1 Pati sebagai juara 2, dan Abigail Gabrielle Erwanto dari SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Pada lomba poster digital ini juga terdapat kategori poster terfavorit diraih oleh Zidan Surya Ramadhani dari SMAN 1 Pati.

Lomba Film Pendek dan Edukasi

Lomba Film Pendek dan Edukasi masih mengangkat tema yang sama dengan tema lomba lainnya.  Begitupun dengan timeline pelaksanaan juga tidak begitu berbeda, hanya saja tidak terdapat babak semifinal dan presentasi pada lomba Film Pendek ini melainkan dengan melakukan Screening pada 4 karya dengan nilai terbaik di tanggal 14 November 2021. Penjurian dilakukan oleh Rinaldi Bagaskara, S.S. yang merupakan videographer PSS Sleman dan Hajar Pamuji, S.Pd. yang merupakan Guru Geografi sekaligus Konten Kreator. Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan aspek Originalitas, ide cerita, teknik editing dan pengambilan gambar, penataan artistic, kesesuaian tema, dan pesan yang disampaikan. Dari 7 Tim yang mengikuti lomba ini, terpilih 3 Film Pendek terbaik yaitu dari SMAN 1 Temon dengan judul WisataKU : Kiskendo Mahaswara sebagai juara 1, MAN 1 Kota Bandung dengan judul E-Journey sebagai juara 2, SMA N 1 Kretek dengan judul Salsah Kaprah sebagai juara 3 sekaligus sebagai film pendek terfavorit

Geography Academic Forum



            Geography Academic Forum merupakan Seminar Nasional bertemakan geografi yang membahas isu-isu terkini seputar kegeografian. Sebagai acara puncak dari seluruh rangkaian acara Semarak Geografi, seminar ini dilaksanakan pada akhir dari rangkaian acara yaitu pada tanggal 14 November 2021. Mengangkat tema Optimalisasi Pariwisata Budaya di Indonesia untuk Mewujudkan Quality Tourism Experience, seminar ini diisi oleh pembicara-pembicara yang ahli pada bidang pariwisata. Pemateri yang pertama adalah Don Kardono yang merupakan mantan stafsus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kemenpar, sekaligus CEO of Gen.Pi.co, kemudian yang kedua RM. Donny Surya Megananda yang menjabat sebagai Kepala Museum Wayang Kekayaan Yogyakarta, dan Dr.Dra. Hastuti, M.Si. yang merupakan dosen Pendidikan Geografi FIS UNY. Dengan dimoderatori oleh Dr. Nurul Khotimah, M.Si. diskusi berjalan lancar dan seru dengan pemaparan materi sesuai bidang masing-masing. Diskusi yang dihadiri oleh peserta berlangsung mulai pukul 08.00 melalui platform Zoom Meeting dan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba pada rangkaian acara Semarak Geografi yang telah dilaksanakan sebelumnya.

            Setelah berakhirnya Seminar Nasional Geography Academic Forum, maka akan dilanjutkan dengan final NGC, dimana dalam final NGC ini akan merebutkan juara 1,2,3, harapan 1, dan harapan 2. Setelah final NGC terlaksana maka berakhirlah acara Semarak Geografi ke-11 ini juga resmi selesai. Sebagai program tahunan dan program besar Jurusan Pendidikan Geografi selalu menjadi momen puncak dari berbagai ajang kegeografian sekaligus memperkenalkan jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY kepada khlayak luas khususnya siswa/siswi SMA/Sederajat.



No comments: