Seminar Kepenulisan Ilmiah (SKI)

 

Seminar Kepenulisan Ilmiah (SKI)

"Upgrade Your Presenting and Writing Skill"


Seminar Kepenulisan Ilmiah atau SKI merupakan salah satu program kerja dari bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi. Program ini berupa seminar mengenai kepenulisan yang diselenggarakan satu kali dalam satu periode. Seminar Kepenulisan Ilmiah memiliki tujuan untuk menumbuhkan motivasi dan menambah pengetahuan terkait macam – macam bentuk kepenulisan ilmiah atau kegiatan keilmiahan dalam rangka menumbuhkan semangat dan minat juga sebagai wadah dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa.

Seminar Kepenulisan Ilmiah 2021 ini mengangkat tema Upgrade your Presenting and Writing Skill. Seminar ini dilaksanakan melalui zoom meeting pada hari Sabtu, 19 Juni 2021. Seminar berdurasi 180 menit ini dimulai dari pukul 08.30 dan berakhir pukul 10.00 dengan dibersamai oleh dua orang narasumber yaitu Natasha Low, B.A, Psy dan Isna Pujiastuti, S.Si. Keduanya merupakan tokoh-tokoh dengan latar belakang gemilang. Natasha merupakan lulusan Bachelor of Arts in Psychology dari James Cook University dan berpengalaman selama 4 tahun dalam bidang Human Resources Management atau sumber daya manusia. Menilik dari pengalaman yang dimiliki, Natasha merupakan sosok yang tepat untuk memberikan seminar Public Speaking dalam Seminar Kepenulisan Ilmiah kali ini. Hal itu tampak jelas ketika memaparkan materi Natasha menggunakan bahasa yang lugas dan menarik audiance serta presentable. Sebagai seorang lulusan dari universitas di luar negeri, Natasha mengisi Seminar kali ini dengan bahasa full English. Hal ini tentunya merupakan hal baru dalam seminar kepenulisan kali ini serta melatih kemampuan bahasa inggris para peserta. Dalam seminar kali ini, Natasha menyampaikan mengenai tips-tips presentasi yang baik dan dapat menarik perhatian narasumber serta tips-tips agar tampil percaya diri saat public speaking. Dengan pengalamannya sebagai manajer di bidang manajemen personalia, tips-tips dari Natasha ini tentu saja sangat sesuai dan diterapkan karena telah dipraktikkan secara langsung oleh sang narasumber sendiri.

Narasumber yang kedua adalah Isna Pujiastuti yang merupakan lulusan Bachelor of Science di Universitas Gadjah Mada dan saat ini sedang menempuh pendidikan Master di 3 universitas yaitu Central European University Hungaria, University of Aegean Yunani, dan University of Manchester di Inggris pada bidang Environmental Science, Policy, and Management. Disini, Isna memaparkan mengenai kepenulisan esai ilmiah dan scientific paper, dimulai dari strukturnya hingga content atau isi yang ada di dalamnya. Disini Isna menjelaskan mengenai kepenulisan ilmiah berangkat dari pengalamannya dalam menuliskan esai dan karya tulis ilmiah yang dia gunakan saat mendaftar di Universitas. Untuk itu, Isna juga turut melampirkan contoh karya tulis atau paper yang pernah dibuatnya agar peserta dapat melihat gambaran nyata dari materi yang telah dipaparkannya.

Seminar ini berakhir pada pukul 10.00 dengan seluruh pemaparan materi yang sangat berguna dari para narasumber hebat tersebut. Seminar dihadiri oleh 65 orang peserta yang berasal dari Jurusan Pendidikan Geografi dan juga umum dimana semua peserta sangat antusias dalam menyimak materi dari narasumber. Dengan diselenggarakannya Seminar Kepenulisan Ilmiah ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan public speaking dan kemampuan menulis ilmiah para peserta. Kedua kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh para mahasiswa utamanya dalam meraih berbagai hal khusunya di bidang akademis.

No comments: